SOAL ULANGAN
HARIAN KE 2
TEKS ANEKDOT
I. PILIHAN GANDA
1.
Perhatikan struktur anekdot :
1. Koda
2. Krisis
3. Abstraksi
4. Reaksi
5. Orientasi
Urutan struktur teks anekdot yang tepat adalah ….
A. 3-5-4-2-1 D. 3-2-4-5-1
B.
3-5-2-4-1 E.
3-4-2-5-1
C. 3-4-5-2-1
2.
Berikut ini yang bukan
ciri-ciri teks anekdot adalah….
A.
Struktur teks orientasi-krisis-reaksi D. Berbentuk cerita
B.
Memiliki pesan moral E.
Menggelitik
C.
Memiliki unsur lucu
3.
Berikut ini yang termasuk unsur kebahasaan kecuali
...
A.
Konjungsi menyatakan yang menyatakan hubungan waktu
B.
Kalimat retoris
C.
Kalimat tanya
D.
Kata kerja aksi
E.
Kalimat yang menyatakan peristiwa masa lalu
4.
Bacalah teks anekdot tersebut!
Kisah Pemulung
Pada siang hari di sebuah kompleks
perumahaan yang kelihatan mewah terjadi perdebatan antara Pak RT dan Pak
Pemulung. Masalah yang mereka debatkan adalah hal remeh yaitu di lingkungan
perumahan itu, memang sudah banyak ditempel papan dengan tulisan “Pemulung
Dilarang Masuk”, tetapi masih saja ada pemulung yang tidak menaati aturan
tersebut.
Pak RT
: “Pak sedang cari apa di tempat sampah itu?”
Pemulung :“Ya,
sudah tentu cari barang bekas atau botol plastik yang dapat didaur ulang.”
Pak RT
: “Maaf ya Pak, Bapak dapat baca tulisan yang ada di depan pintu gerbang
perumahan ini, tidak?”
Pemulung :“Emang
tulisannya apa, Pak?”
Pak RT : “Di papan itu tertulis Pemulung
Dilarang Masuk, lantas kenapa Bapak nekat masuk di perumahan ini?”
Pemulung : “Yah,
Pak RT ini gimana sih… kalau saya bisa baca tulisan yang di papan itu,
tentu saya tidak akan jadi pemulung, Pak!”
Pak RT kemudian terdiam membisu dan
berpikir bahwa jawaban pemulung itu ada benarnya juga. Pemulung tadi ternyata
buta huruf, jelaslah ia tidak bisa baca papan larangan pemulung.
Dari teks anekdot di atas, makna
tersiratnya adalah...
A.
Masih banyak orang miskin di sekitar kita!
B.
Pemulung dilarang masuk!
C.
Banyak pemulung yang tidak menaati peraturan.
D.
Ternyata angka buta aksara disekitar kita masih
banyak.
E.
Teranyata masih banyak pemulung disekitar kita.
5.
Dari teks anekdot di atas, konjungsi yang menyatakan
hubungan waktu adalah ...
A.
Kemudian D.
Dengan
B.
Dan E.
Di
C.
Yang
Perhatikan teks di bawah ini !
(1) Seorang laki-laki masuk bank dan berkata ia ingin
pinjam $200 selama enam bulan. (2) Ia menjaminkan Rolls Royce miliknya dan meminta bank menahan mobilnya itu sampai
utangnya lunas. (3) Enam bulan kemudian orang itu kembali ke bank membayar $200
ditambah $10 bunga dan mengambil kembali Roll
–nya. (4) Petugas pinjaman bertanya kepadanya mengapa orang yang
mengendarai Roll Royce perlu pinjaman
$200 lalu jawabnya, “Saya harus ke Eropa selama enam bulan dan di mana lagi
saya dapat menitipkan Rolls selama itu hanya $10? “ (5) Si petugas melongo dan
sejurus kemudian tertawa mengakui kecerdikan si pemilik Roll Royce.
6.
Orientasi pada teks anekdot tersebut adalah kalimat ….
A. (1) D.
(4)
B. (2) E.
(5)
C. (3)
7.
Bagian krisis pada teks anekdot tersebut adalah …
A.
Seorang pemilik Roll
Royce meminjam uang di bank dan menjaminkan mobilnya.
B.
Seorang pemilik Roll
Royce meminta bank menahan mobilnya sampai utangnya lunas.
C.
Seorang pemilik Roll
Royce membayar utang dan mengambil mobilnya.
D.
Seorang pemilik Roll
Royce meminjam uang di bank dan menitipkan mobilnya dengan cara menjaminkan
mobil tersebut.
E.
Seorang pemilik Roll
Royce memberikan jawaban yang membuat si petugas bank melongo dan tertawa.
Perhatikan
teks di bawah ini !
Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi
kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab si Ali bertanya pada dosen,
”Apa kepanjangan dari KUHP,Pak?” Lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi
dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab
pertanyaan saudara Ali!” pinta beliau. Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih
Uang Habis Perkara, Pak!” tegasnya. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak
dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad,
“Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar si Ahmad, pertanyaan
tersebut dijawabnya pula dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan
‘Pengalaman adalah guru yang terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu
tawa mereda dan kelas kembali tenang.
8.
Kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian …
A.
Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana.
B.
Saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen.
C.
Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis
Perkara.
D.
Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad.
E.
Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawab
pertanyaan dosen.
9.
Arti istilah ‘Kasih Uang Habis Perkara’ dalam teks
tersebut adalah ….
A.
Setiap perkara dikenai biaya
B.
Setiap perkara dapat ditindaklanjuti dengan uang
C.
Setiap perkara dapat diselesaikan dengan uang
D.
Setiap perkara tidak dapat diuangkan
E.
Setiap perkara tidak dapat diselesaikan
10. Makna
tersirat pada teks anekdot di atas adalah...
A.
Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab
Undang Hukum Pidana.
B.
Mengkritik Bapak dosen sedang memberikan kuliah
hukum pidana.
C.
Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru
terbaik.
D.
Menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau
disuap.
E.
Menyindir Ali yang bertanya kepanjangan KUHP.
11.
Yang
bukan termasuk partisipan dalam teks
anekdot di atas adalah ...
A.
Dosen D. Mahasiswa
B.
Ali E. Saudara Ahmad
C.
Ahmad
12. Teks
anekdot berjudul KUHP terdapat kritikan dalam kalimat ...
A.
Apa kepanjangan KUHP, Pak?
B.
Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis
Perkara, Pak …!
C.
Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka
berpandang-pandangan
D.
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen
hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan
pertanyaan kepada Ahmad
E.
Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya
dengan tegas
Perhatikan gambar anekdot tersebut!
13. Makna
tersirat pada gambar anekdot di atas adalah...
A.
Menyindir kepada siswa yang malas belajar dan
mengharapkan sepiring nasi.
B.
Menyindir kepada siswi pintar yang tidak mau mengajari
siswa lain.
C.
Mengkritik pemerintah yang selalu mempersulit dengan
adanya soal UAN.
D.
Menyindir siswa yang malas belajar dan mengharapkan
kebocoran soal UAN.
E.
Mengkritik pemerintah yang tidak memerhatikan pelajar.
Bacalah teks anekdot berikut dengan saksama!
Holmes dan Watson sedang mengikuti perkemahan musim semi . Di tengah malam,
Holmes terbangun dan membangunkan Watson. “Watson,” katanya,”Lihat ke langit
dan katakan apa yang kamu lihat.” “Saya melihat jutaan bintang, Holmes,” kata
Watson.
“Dan apa kesimpulannya, Watson?”
Watson
berpikir sejenak. “Baik,” katanya, “ Berdasarkan astronomi, ada jutaan galaksi
dan mungkin milyaran planet. Menurut astrologi, saya mengamati bahwa Saturnus
berada di dalam Leo. Menurut horologi, saya menyimpulkan bahwa waktu mendekati
tiga seperempat pagi, menurut meteorology, saya kira besok harinya bagus.
Menurut teologi, saya lihat bahwa Tuhan Mahakuasa dan kita begitu kecil tak
berarti. Menurutmu sendiri apa, Holmes?”
“Watson, tenda kita dicuri orang!”
14. Isi teks
anekdot tersebut adalah …
A. Holmes dan Watson sedang berkemah.
B. Holmes membangunkan Watson dan menanyakan sesuatu kepadanya.
C. Watson menjawab pertanyaan Holmas dengan rinci.
D. Watson menguasai beberapa ilmu.
E. Watson tidak menyadari tenda mereka dicuri.
15. Dari teks
anekdot diatas yang menunjukkan seru adalah ...
A. Dan apa kesimpulannya, Watson?
B. Saya melihat jutaan bintang, Holmes
C. Lihat ke langit dan katakan apa yang kamu lihat
D. Watson, tenda kita dicuri orang!
E. Watson berpikir sejenak. “Baik,” katanya
Bacalah susunan teks anekdot berikut
ini dengan saksama!
(1) “Kita sudah memenuhi permintaanmu.”
kata editor itu memberitahu si pengarang.
(2) Artikel itu
disertai dengan sepucuk surat dari pengarangnya : “Atur saja pemberian tanda
bacanya dengan benar dan terbitkan seluruh ceritanya.”
(3) “Tapi di
waktu yang akan datang, silakan kirimkan saja pemberian tanda bacanya. Lalu
kita terkenal karena menulis artikel kita sendiri.”
(4) Gondolin,
seorang penerbit dan editor yang terkenal dari harian Italia IL Mesagero, menerima sebuah artikel
yang agak buruk dari seorang temannya yang sekaligus seorang politikus.
16. Susunan
potongan-potongan teks yang tepat hingga menjadi anekdot yang utuh dan padat
adalah ….
A. (4)-(1)-(2)-(3) D. (4)-(2)-(1)-(3)
B. (4)-(3)-(1)-(2) E. (4)-(3)-(2)-(1)
C. (4)-(2)-(3)-(1)
Bacalah teks
anekdot berikut ini untuk soal nomor 2-3
Suatu hari guru menerangkan tentang
biopori di depan kelas. “ Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha
menghindari banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk
membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di
buku tugas dan berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak
berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya,
tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat
sering banjir”. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
17. Pada anekdot
tersebut, kalimat yang menunjukkan koda adalah …
A.
Tiba-tiba seorang anak berkomentar.
B.
Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
C.
Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha
menghindari banjir”jelasnya
D.
Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak
bioporinya
E.
Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan
deskripsi
Bacalah teks berikut!
Cuma Takut Tiga Roda
(1) Suatu hari, saat Abdurahman Wahid menjabat sebagai
Presiden RI, ada pembicaraan serius yang dilakukan seusai menghadiri sebuah
rapat di istana Negara.
(2) Pembicaraan bertopik isu terhangat.
(3) Diketahui, pembicaraan itu mengenai wabah demam
berdarah yang kala itu sedang melanda kota Jakarta.
(4) Gusdur pun sibuk memperbincangkan penyakit
mematikan tersebut.
(5)“Menurut
Anda, mengapa demam berdarah saat ini semakin marak di Jakarta, Pak?” tanya
seorang menterinya.
(6) “Ya
karena Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melarang bemo, becak, dan sebentar lagi
bajaj dilarang beredar di Kota Jakarta ini.
(7) Padahal
kan, nyamuk sini cuma takut sama tiga roda.”
18. Krisis yang
terdapat pada teks anekdot ditunjukan dengan nomor
A. 1 dan 2 D.
5 dan 6
B. 2 dan 3 E.
7
C. 4
Bacalah
kutipan teks anekdot tersebut!
…
Malik
: “Tuan Abdul, saya sudah cari kemana-mana tetapi saya tidak menemukan
kambing yang punya taduk sejengkal manusia.”
Abdul :
“Bagaimana kalau kita membuat sayembara, cepat buat pengumuman keseluruh negeri
bahwa kita membutuhkan seekor kambing yang memiliki tanduk sejengkal
manusia untuk disembelih.
19. Abstraksi
yang tepat untuk kutipan teks anekdot di atas adalah…
A.
Pada suatu hari Tuan Malik mencari kambing yang sudah
seminggu menghilang.
B.
Tuan Abdul membuat sayembara perihal pencarian
kambing.
C.
Akhirnya kambing itu ditemukan.
D.
Tuan malik tidak mencari kambing yang punya tanduk
sejangkal manusia.
E.
Kemudian Tuan malik dan tuan Abdul bersepakat
membuat sayembara untuk mencari kambing yang memiliki tanduk sejengkal manusia.
Perhatikan gambar anekdot berikut!
20. Makna
tersirat pada gambar anekdot di atas adalah...
A.
Menyindir kepada anggota PMR yang tidak mau sekolah.
B.
Menyindir kepada anggota DPR yang sering bolos dalam
bekerja.
C.
Menyindir seorang bapak yang selalu menasehati.
D.
Mengkritik anggota DPR yang sering bolos sekolah.
E.
Mengkritik anggota DPR yang tidak memerhatikan
pelajar.
21. Kita dapat memahami teks
anekdot dan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk...
A. Menyelesaikan
persoalan-persoalan yang kita hadapi di dunia nyata
B. Mempertahankan bangsa
agar berpegang tegus terhadap Pancasila
C. Sumber aktualisasi diri
penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis
D.
Menyampaikan
kritik terhadap persoalan-persoalan pada bidang-bidang layanan tersebut
E. Memperoleh ilmu
pengetahuan melalui pendidikan
22. Yang termasuk kedalam
sifat-sifat anekdot secara umum adalah....
A.
Aneh D. Nyata
B.
Membosankan E. Nyaman
C.
Khayalan
23.
Perhatikan
teks berikut !
Manager : “Perusahaan kita butuh satpam yang kredibel.
Syaratnya harus punya wajah galak, tegas, tak kenal kompromi dan ditakuti
orang. Apakah diantara pelamar kerja, ada kandidat yang memenuhi kriteria
tersebut ?
Staff HRD : “Kalau diantara pelamar, tidak ada Pak. Tapi saya punya
calon yang sangat cocok dengan kriteria bapak tersebut.”
Manager : “Bagus. Siapa dia?”
Staff HRD : “Istri saya, pak”
Teks tersebut merupaka teks...
A.
Anekdot D. Narasi
B.
Eksposisi E. Dialog
C.
Humor
Perhatikan
teks di bawah !
Suatu hari ada tukang roti yang lewat depan rumah, terus teman gue
si Enggar manggil. Tidak lama kemudian tukang roti tersebut datang menghampiri
kami yang lagi duduk santai di taman depan rumah.
Enggar :
“Roti apa aja yang ada bang ?”
Tukang Roti :
“Macam-macam, dek.”
Enggar :
“Yang ini roti rasa apa yah bang ?”
Tukang Roti : “Yang
ini coklat.”
Enggar :
“Kalau yang ini rasa apa bang ?”
Tukang Roti : “Ini
rasa strawberry dek.”
Enggar :
“Kalau ini rasa apa bang ?”
Tukang Roti : “Kalau
yang ini rasa nanas dek.”
Enggar :
“Terus rotinya mana bang ? dari tadi kok ngomongnya buah-buahan terus ?
emangnya abang jual buah apa jual roti ? Kalo kaya gini caranya gue enggak jadi
beli bang.”
Tukang Roti :
*Hening*
Seketika itu tukang roti mendadak pingsan.
24.
Kalimat menyatakan peristiwa masa lalu yang ada dalam teks anekdot
di atas adalah ...
A. Kemarin D. Besok
B. Suatu hari E. Kemarin
C. Minggu lalu
25.
Teks
di atas termasuk dalam teks...
A.
Humor D. Cerita
B.
Anekdot
E. Deskripsi
C.
Eksposisi
D.
Narasi
26.
Isi
Dari teks di atas adalah...
A.
Menanyakan
tentang roti coklat saja
B.
Si
Enggar membeli roti coklat, strawberry, dan nanas.
C.
Enggar
hanya menanyakan rasa roti, tidak jadi membeli roti.
D.
Bercerita
di depan rumah dengan tukang roti
E.
Tukang
roti membawa buah.
27.
Cermati
tabel berikut !
KALIMAT SERU
|
KALIMAT PERINTAH
|
A.
Oh maaf !
|
1.
Kerjakan soal itu !
|
B.
Kerjakan PR itu !
|
2.
Tolong, ambilkan buku itu !
|
C.
Ambaoi, cantik sekali perempuan
itu !
|
3.
Diam !
|
D.
Awas licin !
|
4.
Saya kira ini kertas gorengan !
|
Dari
tabel diatas manakah kalimat seru dan kalimat perintah yang tepat ...
A.
A-1 D.
D-4
B.
B-2 E.
B-3
C.
C-4
Perhatikan
teks di bawah ini !
Tiga
orang tengah terdiam menikmati kehangatan sauna, yaitu orang dari Amerika,
Jepang dan Indonesia. Keheningan di dalam ruangan sauna dipecahkan oleh bunyi
bip..bip..bip… Orang Amerika membuka telapak tangan kirinya, dan membaca
tulisan yang tertulis ditelapak tangannya itu,. Dua rekannya itu dengan kagum
melihat tulisan yang muncul ditelapak tangan orang Amerika tersebut.
“Oh,
telapak tangan saya telah ditanamkan chips, sya dapat langsung menerima pesan
SMS tanpa alat, SMSnya langsung tampil ditelapak tangan saya…”ujar si Amerika
ketika melihat kedua rekannya bengong.
Sesaat
kemudian, terdengar dering telepon, orang Jepang mengangkat tangan kanannya,
jempol di dekatnya ke telinga sedangkan jari kelingking ke bibirnya, “Oh maaf,
saya terima telepon dulu, tangan saya sudah berisi chips, saya dapat menerima
dan berbicara melalui dua jari saya tanpa menggunakan HP” kata si Jepang.
Melihat
semua itu, orang Indonesia mulai gugup. Apa yang bisa saya tunjukkan untuk
mengalahkan orang-orang ini ? pikirnya. Karena stress, keinginannya untuk buang
air besar tidak tertahankan lagi.
Usai
buang air, dia kembali lagi ke ruang sauna, tetapi karena tidak biasa membasuh
bokongnya dengan kertas toilet, seuntai kertas toilet masih berjuntai di
belahan bokongnya. Dengan keheranan orang Jepang dan orang Amerika menunjuk ke
untaian kertas ‘sisa’ tersebut dan berkataa “kertas apa itu yang terganutng
dibokong anda…?”. “oh maaf, saya baru terima Fax..” jawab orang Indonesia
tersebut
28. Teks di atas merupakan teks…
A.
Anekdot D. Humor
B.
Eksposisi E. Singkat
C.
Narasi
29. Tujuan teks tersebut untuk…
A.
Menyindir D. Observasi
B.
Menangis
E. Mencari
Ide
C.
Menghibur
30. Contoh anekdot dalam
kehidupan kita sehari-hari dan merupakan perwujudan dari seni adalah...
A. Keramik
B.
Lukis
pasir
C.
Karikatur
D.
Lukisan
Abstrak
E.
Puisi
cinta
II. URAIAN
1.
Apa yang dimaksud dengan anekdot ?
2.
Jelaskan perbedaan antara humor dan
anekdot !
KERTAS UJIAN
Di suatu sekolah
yang sedang melaksanakan Ujian Nasional, ada seorang siswa kelas XII bernama
Tedi. Bel pertanda masuk kelas berdering. Pengawas ujian pun masuk ke kelas dan
membacakan tata tertib ujian. Selesai membacakan tata tertib, pengawas langsung
membagikan kertas buram yang merupakan kertas soal Ujian Nasional. Tedi pun
sontak bertanya pada pengawas ujian, “Bu, apakah benar ini kertas soal Ujian
Nasional?”. Jawab
pengawas “Iya Tedi, bagaimana? Ada yang aneh?”. Sambil garuk-garuk kepala Ia smenjawab “Saya kira ini kertas
gorengan. Kemarin saya lihat di berita kalau anggaran Ujian Nasional besar.
Tapi kok kertasnya begini.” Seisi kelas tertawa lalu melanjutkan mengerjakan
soal ujian.
3. Apa
isi dari teks anekdot di atas ?
4. Apa
makna tersirat yang dapa diambil dari teks di atas ?
5. Temukan
makna idiomatis dalam teks dia atas !
6. Terdapat
di kalimat manakah kritikan dalam teks anekdot di atas ?
Pehatikan
teks di bawah ini !
BAJU
TERMAHAL
Sebuah
sore di pinggir Jalan Senayan, dua orang polisi bernama Iqbal dan Benu sedang
berbincang.
Iqbal : “Ben, teman-teman kita di dunia
politik ini sekarang sudah banyak yang kaya,
ya..”
Benu : “Kalau soal itu sih aku juga sudah
tau sejak dulu, Bal”
Iqbal : “Iya dan saking kayanya mereka
sampai punya baju terkaya di Indonesia.”
Benu : “Apa itu baju termahal di
Indonesia?”
Iqbal : “Yah.. apalagi kalau bukan baju
tahanan KPK.”
Benu
pun tertawa nyengir.
7. Siapa
yang diceritakan dalam anekdot tersebut ?
8. Terdapat
di kalimat manakah abstraksi dalam teks anekdot di atas ?
9. Uraikanlah
unsur kebahasaan yang ada dalam teks anekdot Baju Termahal
10. Pada
kalimat manakah kritikan yang ada dalam teks anekdot Baju Termahal
KUNCI JAWABAN
I.
Pilihan Ganda
1.
|
B
|
11.
|
E
|
21.
|
D
|
2.
|
B
|
12.
|
B
|
22.
|
D
|
3.
|
C
|
13.
|
D
|
23.
|
C
|
4.
|
D
|
14.
|
B
|
24.
|
B
|
5.
|
A
|
15.
|
D
|
25.
|
A
|
6.
|
B
|
16.
|
D
|
26.
|
C
|
7.
|
D
|
17.
|
B
|
27.
|
E
|
8.
|
C
|
18.
|
B
|
28.
|
D
|
9.
|
C
|
19.
|
A
|
29.
|
C
|
10.
|
D
|
20.
|
B
|
30.
|
C
|
II.
Uraian
1. Anekdot adalah cerita lucu
singkat yang menyampaikan tentang kritikan, sindiran terhadap seseorang atau
suatu kejadian tetapi tidak dengan cara yang kasar dan menyakitkan.
2. Perbedaan
anekdot dengan humor
PERBEDAAN
|
ANEKDOT
|
HUMOR
|
Makna yang disampaikan adalah makna yang
tersirat; bukan makna sesungguhnya.
|
Tidak mengandung makna tersirat.
|
|
Mengandung sindiran terhadap seseorang atau
kelompok masyarakat tertentu.
|
Hanya merupakan hiburan semata.
|
|
Topik yang dibahas mengenai hal yang berhubungan
dengan kepentingan khalayak ramai.
|
Topik yang dibicarakan merupakan topik umum pada
kehidupan sehari-hari
dan tidak berhubungan dengan kepentingan orang
banyak.
|
3. Siswa Ujian Nasional menyindir kertas ujian yang
anggarannya besar tetapi kertas yang digunakan hanya kertas buram biasa.
4. Sebaiknya para pemerintah tidak menyalahgunakan
anggaran ujian nasional agar ujian nasional berjalan dengan semestinya.
5. Makna idiomatis terdapat di kata “anggaran”. Kata
“anggaran” bermakna korupsi.
6. Kririkan dalam teks “baju termahal” terdapat dalam
kalimat yang diucapka Iqbal yaitu “Iya dan saking kayanya
mereka sampai punya baju terkaya di Indonesia.”
7. Para
koruptor yang memakai baju tahanan KPK
8. Sebuah
sore di pinggir Jalan Senayan, dua orang polisi bernama Iqbal dan Benu sedang
berbincang.
9. Unsur
kebahasaan yang ada dalam teks anekdot Baju Termahal
Aspek
Kebahasaan
|
Uraian
|
Kalimat yang menyatakan peristiwa masa lalu
|
Sebuah
sore di pinggir Jalan Senayan, dua orang polisi bernama Iqbal dan Benu sedang
berbincang.
|
Kalimat retoris
|
Iqbal : “Ben, teman-teman kita di dunia politik
ini sekarang sudah banyak yang kaya, ya..”
|
Konjungsi yang menyatakan hubungan waktu
|
· Iqbal : “Iya dan saking kayanya mereka sampai punya baju terkaya di
Indonesia.”
|
Kata kerja aksi
|
Sebuah
sore di pinggir Jalan Senayan, dua orang polisi bernama Iqbal dan Benu sedang
berbincang.
|
Kalimat
perintah
|
-
|
Kalimat
seru
|
-
|
10.
Iqbal :
“Yah.. apalagi kalau bukan baju tahanan KPK.”
KRITERIA PENILAIAN:
I.
Benar = 2
Salah = 0
Jumlah soal 30 × 2 = 60
II.
Uraian
1. Siswa menjawab
benar, lengkap skor 4
2. Siswa menjawab
benar kurang lengkap skor 3
3. Siswa menjawab
kurang benar dan kurang lengkap skor 2
4. Siswa belum atau
tidak menjawab skor 1
Jumlah
soal 10 × 4 = 40
N
= 60 + 40
= 100


jawabanya mana
BalasHapusgood
BalasHapusThanks for answer
BalasHapusMana jawabannya??
BalasHapusMakasi
BalasHapus